eco news

Sudah Lakukan? Ini 5 Cara Menghemat Air di Rumah!

72% permukaan bumi memang tertutup oleh air. Namun faktanya, air yang dapat dikonsumsi oleh makhluk hidup jumlahnya tidak sampai 1% dari air yang ada di bumi. Jumlah air bersih yang terbilang sedikit ini juga masih akan terus berkurang seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan kegiatan industri. Itulah mengapa manusia harus lebih bijak menggunakan air.

Tidak semua penduduk dunia cukup beruntung untuk mendapatkan air bersih untuk kehidupan sehari-hari. Jadi, untuk kita yang masih bisa mendapatkan air bersih dengan mudah harus tahu betapa pentingnya menghemat air. Tak perlu muluk-muluk, menghemat air bisa dilakukan mulai dari hal terkecil. Meskipun hanya melakukan hal yang sederhana, jika semua orang mengurangi penggunaan air, tentunya akan memberikan dampak yang sangat besar bagi lingkungan. Nah, ini dia cara mudah untuk menghemat air yang bisa dilakukan di rumah!

  • Matikan keran ketika sedang tidak digunakan

Biasanya banyak orang yang tidak sadar dan membiarkan keran dalam keadaan terbuka saat menyikat gigi atau saat membersihkan tangan dengan sabun. Meskipun kelihatannya jumlah air yang terbuang hanya sedikit tapi jika kebiasaan seperti ini terus menerus dilakukan, maka tanpa sadar jumlah air yang telah terbuang pun menjadi banyak.

  • Mengurangi siraman pada kloset

Jika dalam sekali siram kloset sudah bersih, untuk apa menyiram kloset lagi? Namun, masih ada beberapa orang yang biasa menyiram kloset dengan berlebihan. Padahal, kebiasaan ini hanya akan membuat air terbuang secara percuma. Coba gunakan kloset dengan pilihan penyiram ganda supaya dapat menghemat pemakaian air.

  • Mencuci pakaian dengan bijak

Baik dikerjakan secara manual atau menggunakan mesin cuci, mencuci pakaian memang membutuhkan jumlah air yang cukup banyak. Bahkan penggunaan mesin cuci cenderung memakan jumlah air yang lebih banyak. Karena itu, gunakanlah mesin cuci secara bijak. Tunggu hingga pakaian kotor sudah menumpuk, baru cucilah pakaian dengan penggunaan air minimum. Jika perlu, gunakanlah mesin cuci yang sudah dilengkapi dengan fitur hemat air.

  • Gunakan shower saat mandi

Dibandingkan dengan menggunakan gayung, ternyata penggunaan shower dapat menghemat jumlah air yang digunakan saat mandi. Mandi dengan gayung biasanya bisa menghabiskan 15 liter air, bahkan lebih. Sedangkan dengan shower, kita bisa menghemat penggunaan air hingga 60% dari penggunaan gayung.

  • Siram tanaman di saat yang tepat

Waktu paling efektif untuk menyiram tanaman adalah di pagi hari. Sebab di siang hari air akan lebih cepat menguap sebelum terserap sempurna ke dalam tanah. Selain menguntungkan tanaman, menyiram tanaman di pagi hari dapat mengurangi penguapan air di bumi.

Yuk, mulai lakukan lima kebiasaan di atas dari sekarang!