eco news

Perubahan Perilaku yang Terjadi Pada Hewan Akibat Manusia

Hewan biasanya memiliki perilaku-perilaku tertentu. Misalnya seperti kelelawar yang akan beristirahat pada siang hari dan mulai beraktivitas mencari makan saat malam hari. Akan tetapi, beberapa hewan saat ini mulai mengalami perubahan perilaku yang diakibatkan oleh manusia. Kesimpulan tersebut diambil setelah adanya penelitian terhadap 62 spesies berbeda di dunia.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti dari University of Berkeley. Penelitian tersebut juga menganalisa 76 studi sebelumnya yang menggunakan beberapa instrumen, seperti kamera dengan kontrol jarak jauh, kerah pelacak, dan observasi langsung untuk mengumpulkan informasi mengenai kebiasaan hewan. Selain itu, penelitian juga melibatkan semua gangguan manusia terhadap hewan, seperti pembangunan gedung, pendakian gunung, dan sebagainya.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, hewan mengalami perubahan perilaku ketika berada di sekitar manusia. Hewan akan lebih aktif pada malam hari dibandingkan dengan siang hari, demi menghindari kontak dengan manusia. Hasil studi dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa hewan yang sering melakukan kontak dengan manusia menjadi 1,36 kali lebih sibuk di malam hari. Bahkan, hewan yang sebelumnya hanya menghabiskan waktu aktifnya 50% di malam hari, mengalami peningkatan hingga 68%. Pola ini terjadi pada spesies karnivora dan juga herbivora. Salah satu contoh perubahan perilaku yang terjadi yaitu pada harimau Nepal yang mulai berjalan-jalan saat malam hari demi menghindari para pendaki gunung saat siang hari.

Perubahan perilaku ini memang memberikan dampak positif, karena menunjukkan fakta bahwa satwa liar mampu beradaptasi dengan baik pada kondisi saat ini. Sehingga mereka dapat hidup berdampingan dengan manusia. Namun, para peneliti juga merasa khawatir dengan fenomena ini, karena perilaku alami hewan merupakan hasil adaptasi selama jutaan tahun. Perubahan perilaku hewan menjadi nokturnal secara tiba-tiba tanpa adanya masalah, menjadi hal yang cukup sulit dipercaya. Menurut mereka, tetap akan ada dampak negatif dari fenomena ini. Beberapa di antaranya terjadi pada saat mencari makanan, dimana persaingan akan meningkat karena jumlah predator yang bertambah.