eco news

Selain Manusia, Polusi Udara Juga Dapat Membunuh Pohon

Polusi udara bisa memberikan dampak buruk bagi semua makhluk hidup. Tidak hanya mengakibatkan berbagai masalah kesehatan pada manusia saja, ternyata polusi udara juga bisa membunuh pohon. Kondisi ini sudah terjadi pada banyak pohon di Inggris dan beberapa negara lain di Eropa. Beberapa hal yang menunjukkan bahwa pohon tersebut sakit yaitu perubahan warna pada daun, dan pertumbuhan daun yang semakin jarang.

Kesimpulan tersebut berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Imperial College dan Kew Gardens, yang mempelajari 13.000 sampel tanah dari 137 hutan di 20 negara yang berada di Eropa. Dari hasil penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa pohon-pohon tersebut menunjukkan tanda malnutrisi, dan polusi udaralah yang menjadi penyebabnya. Akibatnya, hutan menjadi rentan terhadap hama, penyakit, dan perubahan iklim. Seperti yang diungkapkan oleh Dr. Martin Bidartondo yang merupakan pemimpin penelitian tersebut.

Untuk memperoleh nutrisi, pohon sangat bergantung pada jamur mikoriza. Jamur ini berfungsi untuk mengekstrak nutrisi yang ada di dalam tanah, seperti nitrogen, fosfor, dan potasium. Sebagai gantinya, akar pohon kemudian akan memberikan karbon kepada jamur tersebut. Hubungan ini memberikan keuntungan bagi keduanya, baik untuk jamur mikoriza maupun bagi kesehatan pohon. Sayangnya, polusi udara yang sudah pada tahap mengkhawatirkan saat ini, membuat jamur lain yang justru tumbuh dan berkembang di akar pohon. Jamur ini memiliki struktur yang keras dan hanya memberikan sedikit nutrisi pada pohon. Akibatnya, pohon menjadi kekurangan gizi dan sakit.

Kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan jika tidak segera di atasi, karena hutan merupakan sumber oksigen yang dibutuhkan oleh manusia dan hewan. Selain itu, keberadaan hutan dengan pohon yang sehat, juga bisa bermanfaat untuk melawan polusi udara. Sebab, untuk dapat menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis, pohon akan menyerap karbondioksida. Namun, jika pohon yang berfungsi untuk melawan polusi udara saja sudah sakit karena hal tersebut, bagaimana caranya kita bisa mengatasi masalah polusi udara?

 

Source: